Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Menghidangkan Lumpur surga (khas Banjarmasin) Untuk Pemula!

Coba resep lumpur surga (khas banjarmasin) sebagai hidangan istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! lumpur surga (khas banjarmasin) cocok untuk makanan sehari-hari di rumah maupun untuk sajian pesta.

Lumpur surga (khas Banjarmasin)

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan lumpur surga (khas banjarmasin) karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lumpur surga (khas banjarmasin)! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Kue legit dari santan khas Banjarmasin ini sangat pas untuk jadi kudapan saat bersantai sore atau suguhan acara. Berikut resep mudah membuat kue lumpur surga yang sederhana namun enak rasanya. ID, BANJARMASIN - Mendengar nama Kue Lumpur Surga, membuat rasa penasaran pencinta kuliner untuk mengetahui Kue lumpur terinspirasi dari kue khas Portugis yang bernama pasteis de nata.

Cara membuatnya pun tidak sulit, sobat dapat menyiapkan lumpur surga (khas banjarmasin) hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin lumpur surga (khas banjarmasin) yuk!

Untuk menghidangkan Lumpur surga (khas Banjarmasin), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of Bahan lapisan hijau :.
  2. Ambil 3 butir of telur.
  3. Diperlukan 8 sdm of gula pasir.
  4. Siapkan 2 sdm of maizena.
  5. Ambil 6 lembar of daun pandan (blender dengan 125ml air.
  6. Gunakan of Saring dn buang Ampasnya).
  7. Sediakan 125 ml of Santan (1bh kara 65ml+air).
  8. Diperlukan Sejumput of Garam.
  9. Sediakan of Vanili.
  10. Dibutuhkan of Bahan lapisan putih :.
  11. Diperlukan 1 sdm of tepung beras.
  12. Ambil 1 sdm of tepung maizena.
  13. Diperlukan 3 sdm of gula pasir.
  14. Diperlukan 400 ml of Santan (1bh kara 65ml +air).
  15. Diperlukan Sejumput of garam.

Kue aslinya biasanya dibuat dari custard yang merupakan campuran susu. Lumpur surga adalah makanan penutup khas Banjarmasin. Lagi kepingin ngemil yang gurih manis. akhirnya pilihan hati jatuh ke si ijo yang dirindukan. Suami dan anak, bapak ibu dan keluarga juga suka banget.

Langkah-langkah membuat Lumpur surga (khas Banjarmasin):

  1. 1.Bahan hijau : dalam wadah masukkan telur dan gula, kocok sampai gula larut lalu tambahkan jus pandan, santan lalu tepung terigu. Aduk aduk, saring. Tuang ke dlm cup alum. foil (atau wadah tahan panas), isi 3/4 dari wadahnya. Kukus 20 menit, jgn lupa panaskan kukusan terlebih dahulu dan tutup panci dg serbet bersih supaya air tidak menetes..
  2. 2.Sambil menunggu dikukus, siapkan bahan lapisan putih. Masukkan semua bahan jadi satu, aduk rata lalu masak dg api kecil hingga meletup2 dan mengental sambil terus diaduk. Matikan api.
  3. 3.Masukkan bahan lapisan putih ke atas lapisan hijau yg sudah dikukus tadi. Lanjutkan mengukus kurleb 10 menit..
  4. 4.Angkat, diamkan sampai agak dingin lalu masukkan kulkas, Sajikan dingin lebih nikmat..
  5. Note : 1. saya pakai santan instan karna bikinnya dadakan dn tiba2 pengen makan lumsur porsi banyak, klo beli dapat nya seiprit dn kurang πŸ™ŠπŸ˜‚πŸ˜‚ 2. lapisan hijau saya pakai t. Maizena bukan tepung terigu biar hasilnya lumer dn lembut.
  6. Maaf ngk bisa foto step by step Karna bikinnya buru2 😁✌.
Ini adalah lumpur surga, jajanan tradisional ini bertekstur lembut dan beraroma pandan. Cocok banget untuk menu buka puasa, nih. Ini adalah salah satu makanan khas sari Banjarmasin. Nikmati lezat dan sedapnya hidangan kue lumpur surga yang sedap. Seperti namanya hidangan ini akan dapat memanjakan lidah anda dan memberikan sensasi menggoda dari setiap gigitan hidangan ini.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat lumpur surga (khas banjarmasin). Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close